Home Kesehatan Cegah Serangan Jantung di Usia Muda! Lakukan Kebiasan Mudah Berikut Ini

Cegah Serangan Jantung di Usia Muda! Lakukan Kebiasan Mudah Berikut Ini

SHARE
ilustrasi jantung (foto:istimewa)

POJOKSURAMADU.COM.-Publik sempat dihebohkan dengan meninggalnya suami Bunga Citra Lestari,  Ashraf Sinclair, Selasa (18/2/2020). Ashraf meninggal di usia 40 tahun karena serangan jantung.

Penyakit jantung sering disebut silent killer, menyerang tidak terduga dan seketika menyebabkan kematian.

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa, usia 20-40 tahun juga rentan terserang penyakit mematikan tersebut.

Cintai jantung anda.  Lakukan kebiasan berikut ini untuk kesehatan jantung anda.

1.Minum Air Putih
Minum banyak air putih adalah cara yang paling efisien namun efektif untuk menjaga keaehatab jantung anda.  Pastikan air yang anda minum,  adalah air yang sehat dan aman untuk anda konsumsi.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi.  Buah alpukat dan buah beri adalah buah yang baik untuk jantung.  Sayuran hijau yang mengandung vitamin K seperti sawi,  bayam dan kangkung.  Berdasarkan penelitian, sayuran hijau  terbukti mengandung nitrat yang dapat mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Hindari makanan yang memicu kolestrol tinggi,  seperti makanana berminyak.

Baca Juga:  Kapolres Bangkalan Deklarasikan Desa Bersih Narkoba Pertama di Bangkalan

3. Rutin Olahraga
Olahraga yang rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung.  Selain itu,  juga baik itu kesehatan paru-paru.  Lakukan olahraga, minimal 30 menit setiap hari.

4. Berhenti Merokok
Tidak merokok dan menghindari asap rokok merupakan cara pencegahan penyakit jantung.  Perokok yang ketergantungan, lebih berpeluang besar terserang penyakit jantung.

5. Hindari Stres
Saat kita tertekan, tubuh akan memaksa jantung bekerja lebih keras.  Hal itu menyebabkan tekanan darah meningkat. Oleh karena itu,  pandailah mengelola stres.  Anda bisa pergi ke tempat anda yang disukai,  bercerita,  menyendiri,  membaca buku tentang menghindari stres,  atau yang lain.

Baca Juga:  Usai Didemo, DPRD Bangkalan Sidak RSUD Syamrabu

6. Istirahat Cukup
Jangan forsir badan anda bekerja diluar batas kewajaran.  Istirahat sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina anda. Tidur 7-8 jam setiap harinya.

7. Perhatikan gula dan tekanan darah
Kadar gula darah berpengaruh  juga berpengaruh pada ksehatan jantung.  Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah terganggu dan rusak. Selain itu,  tekanan darah tinggi juga berpotensi membuluh darah pecah.  Jagalah pola makan dan rutinlah untuk kontrol kadar gula dan tekanan darah anda. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here