Home Pendidikan Dinas Pendidikan Bangkalan Launching e-BOS Plus

Dinas Pendidikan Bangkalan Launching e-BOS Plus

SHARE
Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Dr. Bambang Budi Mustika, M. Pd saat memberikan sambutan dalam launching e-BOS Plus, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur launching sistem aplikasi Elektronik Bantuan Operasional Sekolah (e-BOS) Plus, Senin (9/11/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Bambang Budi Mustika menyampaikan peluncuran aplikasi itu untuk mempermudah dan membantu sekolah mengelola bantuan operasional yang meliputi rencana anggaran sekolah (RKAS) dan beberapa laporan lainnya.

“E-BOS Plus yang diluncurkan ini akan membantu sekolah, kalau sebelumnya kita harus turun ke bawah dengan aplikasi ini BOS dapat kita pantau dan sangat memudahkan sekolah,” terang dia.

Selain itu, penyusunan laporan seperti surat pernyataan tanggungjawab, penyusunan buku kas umum (BKU), buku pembantu kas tunai, buku pembantu bank, buku pembantu pajak hingga surat permintaan pengesahan pendapatan dan belanja (SP3B) dapat dilakukan melalui aplikasi e-BOS.

Baca Juga:  KBM Tatap Muka, Disdik Pamekasan Tunggu Rekomendasi Satgas Covid
Delegasi dari masing-masing sekolah di Bangkalan sedang mengikuti sosialisasi dan bimtek e-BOS, Foto:Istimewa

“Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi ini, sudah disederhanakan karena semua komponen tentang pelaporan dan lain lain sudah disiapkan, ini cukup membantu para guru di sekolah,” jelas dia.

Sebelum diterapkan tahun 2021, Disdik melakukan sosialisasi penggunaan e-BOS yaitu mulai tanggal 9 sampai dengan tanggal 20 November kepada 944 sekolah SD dan SMP di Kabupaten Bangkalan.

Baca Juga:  SMPN 2 Tanjung Bumi Terapkan Kurikulum 2013, Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan

“Sosialisasi kita laksanakan mulai hari ini, semua sekolah kita undang kesini, setiap hari kita datangkan dua Korwil, karena kan kalau di SD itukan semuanya tenaga pendidik tidak ada administrasi makanya ini sangat memudahkan,” jelas dia.

Tidak hanya itu, e-BOS Plus juga memungkinkan sekolah melaporkan seluruh asetnya. Layanan elektronik itu memungkinkan penggunaan anggaran dan belanja sekolah secara transparan dan mudah dikontrol.

“Realisasi dan laporan mudah, sehingga meminimalisir penyalahgunaan, penyimpanan anggaran juga di sekolah,” ungkap dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here