Home Daerah Komitmen Layani Masyarakat, Pengadilan Agama Pamekasan Luncurkan Lima Program Inovasi

Komitmen Layani Masyarakat, Pengadilan Agama Pamekasan Luncurkan Lima Program Inovasi

SHARE

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Pengadilan Agama Pamekasan meluncurkan lima program inovasi publik bagi masyarakat Pamekasan. Acara launching dikemas dengan bincang santai di Aula Hotel Cahaya Berlian, Jumat (26/11).

Ketua Pengadilan Agama Pamekasan, M. Shohih mengatakan, inovasi ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman kepada masyarakat. Lima aplikasi diantaranya, Penerima Akta Cerai Kenali Rupa (PACAR) untuk merekam dan memberikan data terhadap siapa saja pengambil produk akta cerai, demi menjaga keamanan dokumen, Aplikasi panjar perkara (SIPAKAR) guna mengetahui sisa panjar perkara bagi petugas kasir maupun para pihak.

Baca Juga:  Peringati HUT Bangkalan ke 487, Pemkab Bangkalan Gelar Istighosah

Lalu Aplikasi manajemen surat (ASMARA) yang berfungsi agar tertib administrasi persuratan baik surat masuk dan keluar, sampai disposisi surat, Pemutaran audio murrotal (PAMOR) agar pihak-pihak yang masuk ke Pengadilan Agam bisa lebih tenang dan tidak berselisih.

Aplikasi terakhir yaitu, LACAK atau layanan akta cerai antar kerumah). Layanan ini bekerjasama dgn PT POS INDONESIA guna membantu masyarakat setelah produk putusan atau penetapan maupun akte cerai pengadilan telah keluar. Para pihak tidak lagi perlu kembali ke kantor pengadilan agama pamekasan.

Baca Juga:  Gubernur Jatim Terima Bantuan 470 Tabung Oksigen dan 100 Regulator

“Layanan ini kita maksudkan antara lain untuk mengurangi pergerakan masyarakat di Pengadilan Agama, disamping itu juga memperudah secara ekonomis biar tidak bolak balik ke pengadilan,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor Pos Pamekasan, Boby Ade Saputra menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama ini demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Menurut kami ini bagus sekali, sebagai bentuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan memudahkan juga,” ujarnya. (Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here