Home Daerah Petani di Kecamatan Socah Terancam Tak Dapat Pupuk Bersubsidi

Petani di Kecamatan Socah Terancam Tak Dapat Pupuk Bersubsidi

SHARE
Kasi Perencanaan Pertanian Dispertahorbun Bangkalan C. Henry Kusuma Karyadinata, Foto:Pojoksuramadu.com

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Para petani di Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura terancam tidak mendapatkan pupuk bersubsidi. Sebab, mereka tidak tercatat di sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK).

“Banyak petani yang masih belum terdata di e-RDKK. Gimana tidak bingung cara mendapatkan pupuk bersubsidi harus terdata di e-RDKK,” ujar salah satu pemuda Kecamatan Socah Takim, Rabu (4/11/2020).

Minimnya informasi soal mekanisme pembelian pupuk bersubsidi, kata dia, menjadi penyebab banyak petani kebingungan sehingga tidak terdata di e-RDKK.

Baca Juga:  Sempet Lockdown, 3 Puskesmas di Bangkalan Kembali Dibuka

“Penyuluhan mungkin ada cuman banyak petani yang masih belum tersentuh, sehingga mereka tidak tau caranya agar terdata di e-RDKK,” imbuh Takim.

Sementara itu, Kasi Perencanaan Pertanian Dispertahorbun Bangkalan C. Henry Kusuma Karyadinata menjelaskan, petani harus bergabung dengan kelompok tani (Poktan) supaya terdata di e-RDKK.

“Yang tidak terdata di e-RDKK tolong segera gabung di kelompok tani, agar tahun 2021 terdata. Untuk subsidi tahun 2021 daftarnya sampai 20 November,” jelasnya.

Baca Juga:  Lapas Kelas II A Pamekasan Satunya-Satunya Instansi Yang Sediakan Chamber Desinfectan for Covid-19

Sementara untuk musim tanam 2020, Karyadi menuturkan dengan tergabung di Poktan maka akan ditemukan solusi supaya mendapat bagian pupuk bersubsidi.

“Yang daftar sekarang nanti akan masuk data di tahun 2021, tapi untuk yang sekarang jangan khawatir nanti ada mekanisme internal di kelompok tani agar sama-sama mendapatkan,” tandasnya. (Fathur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here