Home Daerah Apkasi Otonomi Expo 2021, Mendagri Tito Karnavian Terpukau Produk Lokal Khas Sampang

Apkasi Otonomi Expo 2021, Mendagri Tito Karnavian Terpukau Produk Lokal Khas Sampang

SHARE

POJOKSURAMADU.COM, Sampang – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian terpukau dengan Stand milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang pada ajang Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Jakarta Convention Center, Rabu (20/10/2021).

Hal itu diutarakan Tito saat mengunjungi Stand Pemerintah Kabupaten Sampang yang memamerkan beberapa produk lokal khas Sampang dan Madura. Selain itu, ada beberapa tamu lain seperti Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar serta beberapa kepala daerah lainnya.

“Wah dari Kabupaten Sampang nih, Pak Mahfud MD nanti tak ajak berkunjung ke Stand ini,” ucap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tito mengapresiasi keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Sampang pada Apkasi Otonomi Expo 2021 terlebih banyak potensi produk yang dipamerkan, meliputi Batik khas Sampang, ramuan penambah stamina khas Madura dan beberapa produk lokal lainnya. Ia berharap keberadaan produk lokal itu menjadi salah satu ciri khas madura yang kelak bisa tembus hingga mancanegara.

Baca Juga:  Tak Sesuai Volume, Proyek Rehab Pasar Senenan Jadi Temuan BPK

Pantauan di lapangan, pengunjung berasal dari berbagai daerah di Indonesia sebab pada ajang Apkasi Otonomi Expo diikuti sebanyak 70 Kabupaten. Wiwik salah satu pengunjung dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat tertarik dengan Batik khas Kabupaten Sampang yang dipajang di Stand.

Menurutnya, Batik tersebut memiliki corak khas yang unik sehingga ketika dirinya berkeliling stand tertarik dengan barang tersebut. Selain itu, dirinya membeli ramuan khas Madura untuk wanita dan pria yang sudah dikenal ampuh untuk penambah stamina dan sebagainya.

Baca Juga:  Tuntaskan Covid-19, Kabaharkam Polri Tinjau RS Bhayangkara dan Serahkan Ribuan Alat Kesehatan

“Kalau ramuan Madura ini sudah dikenal, kebetulan kami melihat dipajang di Stand Pemkab Sampang, sehingga tertarik untuk membeli,” ucapnya.

Kepala Diskopindag Sampang Hj. Suhartini Kaptiati menyampaikan bahwa ada banyak hasil kerajinan dan produk olahan IKM yang dipamerkan pada kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021. Berbagai motif kerajinan Batik khas Sampang yang dipamerkan diantaranya motif kembang jeruk, kembang gheddung, motif Sekar jagat, sese’ jhukok dan ringkel.

“Selain itu produk IKM Sampang seperti kripik berbahan dasar ketela pohon, ikan kemudian rengginan dan mente juga ramuan untuk wanita dan pria khas Madura kita pamerkan juga,” ucapnya. (Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here