Home Daerah Fenomena Awan Berbentuk Tsunami di Pamekasan, Ini Penjelasan BMKG

Fenomena Awan Berbentuk Tsunami di Pamekasan, Ini Penjelasan BMKG

SHARE

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Masyarakat Pamekasan dihebohkan dengan munculnya awan berbentuk gelombang tsunami. Awan itu terlihat membentang di langit pantai talang siring, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jatim. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB, Kamis (18/11/2021).

Awan berbentuk gelombang tsunami itu sempat direkam oleh sejumlah pengendara yang melintas di Jalan Raya Talang Siring. Nampak awan tersebut menunjukkan sedang terjadi gulungan ombak yang sangat besar.Fenomena ini membuat ngeri masyarakat yang melihat, apalagi berada tepat di atas lautan. Tak hanya itu, awan mirip gelombang tsunami ini juga terlihat mirip seperti lukisan.

Baca Juga:  Lepas Kendali, Mobil Sigap Pamekasan Nyungsep di Jurang Sedalam 50 Meter

“Saya sempat kaget juga,awannya memang berbentuk gelombang ombak tsunami,” terang Ahmad Nailul Faiz, kepada Pojoksuramadu.com.

sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto menjelaskan, awan berbentuk gelombang tsunami termasuk jenis awan arcus yang bisa menimbulkan cuaca buruk, seperti hujan lebat, angin kencang dan petir. Menurutnya, awan arcus sendiri, merupakan formasi awan horizontal rendah yang biasanya muncul di dalam bagian dari awan cumulonimbus.

Baca Juga:  Perampingan OPD di Pamekasan Masih Tunggu Perda

Dijelaskan, ada beberapa faktor yang memicu kemunculan awan arcus. Di antaranya karena ketidakstabilan atmosfer saat terjadi pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan lebih hangat.

“Awan arcus terbentuk dari hasil ketidakstabilan atmosfer di sepanjang pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat serta lembab, sehingga membentuk tipe awan yang memiliki pola pembentukan horizontal memanjang,” tandas Teguh, sebagaimana dikutip dari Vivanews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here