Home Kesehatan Hai Bunda, Inilah 10 Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil Agar Janin...

Hai Bunda, Inilah 10 Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil Agar Janin Sehat

SHARE
Buah yang sehat dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil

POJOKSURAMADU.com. Hamil adalah sebuah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh para calon bunda.  Oleh karenanya,  tidak jarang banyak calon bunda yang sangat berhati-hati dalam mengkomsumsi makanan dan minuman saat sedang hamil.

Selama masa kehamilan,  sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat untuk dikonsumsi.  Nah, inilah 10 buah yang baik dan aman dikonsumsi saat bunda hamil agar janin dalam kandungan tetap sehat.

1. Pisang
Pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung pottasium,  magnesium,  vitamin c,  B6 dan rendah lemak. Mengonsumsi pisang saat hamil dapat meringankan kram dan kelelahan pada bunda saat hamil.

2. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin c,  folat serta kandungan airnya banyak yang baik untuk menghindari dehidrasi pada ibu hamil. Vitamin C berfungsi antioksidan yang membantu mengatasi kerusakan sel. Sedangkan  folat berfungsi guna mencegah janin dari kecacatan otak maupun saraf tulang belakang.

3. Mangga
Mangga adalah buah yang memiliki kandungan vitamin A dan C.  Vitamin A dalam buah mangga bermanfaat supaya bayi terhindar dari gangguan sistem pertahanannya. Mangga juga bisa sebagai alternatif mengatasi ibu hamil yang sambelit.

Baca Juga:  SKM Tidak Mengandung Unsur Susu, Disdag Bangkalan Menunggu Intruksi BPOM

4. Kurma
Buah yang dikenal dari tanah jazirah Arab ini mengandung vitamin B kompleks,  zat besi dan kalium yang baik untuk ibu hamil. Buah ini baik dikonsumsi ibu hamil untuk meningkatkan kecerdasan otak pada janin.

5. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan vitamin B dan C,  kalium, serta folat. Mengkomsumsi buah ini dapat membantu perkembangan otak janin, sistem saraf dan jaringan untuk bayi. Buah ini juga mampu mengatasi morning sickness yang sering dialami ibu hamil. Namun,  kandungan lemaknya yang tinggi, disarankan untuk mengkomsumsi nya tidak lebih dari 1 buah untuk setiap harinya ya bunda.

6. Semangka
Semangka mengandung vitamin A,  C,  B6, magnesium, kalium dan kandungan air yang banyak. Memakan buah ini dapat membantu bunda untuk menghindari rasa mual. Selain itu buah ini juga dapat mengurangi bengkak pada tubuh yang umum terjadi pada ibu hamil.

Baca Juga:  Miris, Perbaikan Polindes Patarongan Sampang Belum Ada Kejelasan

7. Pir
Menurut hasil penelitian pada jurnal Nutrition Today,  kandungan kalium pada buah pir dapat membantu meregenerasi sel dalam tubuh ibu Dan janin. Buah yang kaya serat ini juga mampu mengatasi sambelit pada ibu hamil.

8. Apel
Apel mengandung vitamin A,  C,  D dan E. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk pertumbuhan janin. Buah yang kaya serat ini, sangat dikonsumsi ibu hamil karena baik untuk pencernaan.

9. Jambu Biji
Vitamin C dan E, polifenal, karetonoid serta polifenal yang terkandung dalam buah ini dapat menstabilkan tekanan darah, baik untuk pencernaan, dan membuat tubuh ibu hamil agar lebih rileks.

10. Buah Naga
Buah naga mengandung vitamin A dan asam folat.  Dimana asam folat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya agar janin tidak lahir cacat.

Nah,  itulah 10 buah yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi saat bunda hamil.  Semoga bermanfaat bunda. (wid) 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here