Home Advertorial PHE-WMO Aktivasi Anjungan PHE-12 di Perairan Pantai Sepulu Bangkalan

PHE-WMO Aktivasi Anjungan PHE-12 di Perairan Pantai Sepulu Bangkalan

SHARE
Tim dari PHE-WMO, SKK Migas dan Bupati Bangkalan saat menggelar sosialisasi pekerjaan penempatan kembali Anjungan di Pendopo Agung setempat, (Foto:Istimewa)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – PT. Pertamina Hulu Energi-West Madura Offshore (PHE-WMO) berencana akan mengoperasikan anjungan PHE-12 di lepas Pantai Madura. Anjungan ini sebelumnya sempat dipotong bagian atasnya karena bangunan miring akibat pergeseran tanah.

Rencana itu disampaikan dalam sosialisasi dalam rangka Pekerjaan Penempatan Kembali Anjungan PHE-12 oleh PHE-WMO, SKK Migas bersama Pemkab Bangkalan di Pendopo Agung Bangkalan, Madura Jawa Timur pada Kamis (10/9/2020).

Anjungan PHE-12 itu terletak di 50 kilometer utara pantai Sepuluh Bangkalan. Pengerjaan anjungan baru tersebut diperkirakan memakan waktu kurang lebih 2 bulan yakni Bulan September hingga Oktober.

Senior Manager Departemen Operasi SKK Migas Perwakilan Jabanusa Indra Zulkarnain menyatakan, PHE-12 tersebut seharusnya telah beroperasi pada tahun 2017 silam, namu karena struktur bangunan miring maka harus dibangun anjungan baru

Baca Juga:  Persiapan Piala Dunia U-20, Menpora Tinjau Stadion Gelora Bangkalan

“Saat ini semua perijinan sudah selesai, tinggal pengerjaan,” katanya.

Menurut Indra, pembangunan anjungan PHE-12 tersebut sangat penting karena diperkirakan dapat mendongkrak produksi minyak hingga 500 sampai 1000 barel perhari dari yang sebelumnya 2000 sampai 3000 barel perhari dan meningkatkan perekonomian Jawa Timur.

“Nantinya akan disalurkan ke Gresik dan bermanfaat untuk Jawa Timur dan Indonesia Raya dan program CSR untuk masyarakat Bangkalan,” ucapnya.

PHE-WMO, sambung Indra, telah melakukan studi kelayakan untuk pemasangan anjungan baru dan berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk kelancaran pengerjaan proyek tersebut.

“Makanya kami berharap dukungan dari pemkab dan masyarakat Bangkalan agar pemasangan anjungan ini berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Baca Juga:  Resmikan Dua Kampung Tangguh, Begini Harapan Wakil Bupati Pamekasan

Indra menambahkan, meski letak pemasangan anjungan PHE-12 cukup jauh dari bibir pantai, namun PHE-WMO telah mempersiapkan secara teknis pengamanan selama proyek berlangsung.

“Jadi agak ketengah, tapi sudah kita siapkan pengamanan dari aparat agar masyarakat tidak mendekat ke area, agar tidak terdampak dengan pemasangan ini,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron menyambut baik pembangunan anjungan PHE_12 yang dibangun PHE-WMO. Ia berharap Pertamina menjalin komunikasi baik dengan masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian.

“Kami berharap PHE-WMO juga ada kepedulian kepada Kabupaten Bangkalan terutama masyarakat sekitar misalnya melalui CSR dan pembinaan agar masyarakat ini juga menikmati sumber daya alamnya,” tandasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here