Home Uncategorized Pilkades Tahap 1 di Bangkalan, 3.567 Aparat Gabungan Disebar Untuk Pengamanan

Pilkades Tahap 1 di Bangkalan, 3.567 Aparat Gabungan Disebar Untuk Pengamanan

SHARE
Apel Pergeseran Personel Pengamanan Pilkades serentak tahap I di Alun Alun Selatan Bangkalan, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Sebanyak 3.567 personel gabungan dari TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja diterjunkan dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Sabtu (1/5/2021).

Personel gabungan itu disebar di 117 Desa di Bangkalan yang akan melakukan Pilkades pada Minggu 2 Mei 2021 besok. Ribuan personel itu didistribusikan setelah ditandai dengan Apel Pergeseran Pengamanan Pilkades di Alun Alun setempat.

Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto menjelaskan 3.567 personel gabungan itu terdiri dati BKO, Brimob Polda Jatim, Anggota Polres Bangkalan dan TNI dari Kodim 0829 Bangkalan.

“Dari TNI Kodim ada sekitar 550, kemudian dari Polri baik Brimob termasuk yang nanti pengamanan TPS 2.717 plus nanti tambahan 300 personel,” jelasnya.

Baca Juga:  Diduga Palsukan Dokumen, Calon Kades di Bangkalan Dilaporkan ke Polisi

Pihaknya sudah melakukan pamitan terhdap beberapa desa yang dianggap rawan dengan tingkat sangat rawan 1 dan rawan 2 dengan jumlah personel sesuai dengan tingkat kerawanan. Desa sangat rawan 30 personel.

“Kemudian rawan 1 mulai 21-24 orang dan rawan 2 15 orang. Yang awalnya ada 21 yang terdapat permasalahan kita dapat minimalisir dengan kerjasama pemerintah daerah, TNI-POLRI dan seluruh masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron berharap pelaksanaan Pilkades tahap I ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Langgar Aturan, Bawaslu Sampang Tertibkan 248 APK

“Insyaallah sudah siap untuk pengamanan, ada 2.717 personel yang akan mengamankan di 117 Desa,” kata R. Abdul Latif Amin Imron Bupati Bangkalan, Sabtu (1/5/2021).

Personel yang diturun kali ini merupakan gabungan TNI-POLRI dan akan ada tambahan personel satu kompi yang akan menyusul dalam mengamankan Pilkades kali ini.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk bersama sama memelihara dan mewujudkan serta menjaga keamanan dan ketertiban,”ungkap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here