Home Daerah Polres Lumajang Dirikan Posko dan Dapur Umum Bantu Pengungsian

Polres Lumajang Dirikan Posko dan Dapur Umum Bantu Pengungsian

SHARE

POJOKSURAMADU.COM, Lumajang – Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Erupsi itu diawali banjir lahar atau guguran awan panas. Suasana gelap pun menyelimuti sejumlah Dusun yang berada di area kaki Gunung Semeru yang diakibatkan kabut abu vulkanik.

“Sebelumnya sudah dilakukan mapping lokasi aliran lahar erupsi Semeru, sebagai Informasi Pengalihan jalur, semua kendaraan dari arah Malang dengan tujuan Lumajang, maupun dari Lumajang menuju ke Malang di sarankan putar balik, semua kendaran dari arah Jember menuju Malang dan sebaliknya disarankan lewat Probolinggo. Karena informasi terkini Jembatan Perak Piketnol putus,” kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Baca Juga:  Janggal Proses Lelang Jabatan OPD, FKMS Demo Pemkab Sumenep

Sesuai informasi yang ia terima, kata Kapolres, gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas ke arah Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pukul 15.20 WIB.

“Getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter-24 milimeter Seismograf,” jelas Kapolres.

Untuk saat ini, akibat adanya erupsi itu beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan. Bahkan, beberapa Dusun mengalami pemadaman listrik.

“Lokasi yang terdampak erupsi Semeru ini diantaranya berada di dua desa Kecamatan Pronojiwo yakni Desa Oro-Oro Ombo dan Desa Supiturang, sedangkan di Kecamatan Candipuro terdapat 3 Desa, yaitu Desa Sumberwuluh, Desa Sumbermujur dan Desa Penanggal,” ungkap Kapolres.

Baca Juga:  Kebut Kekebalan Komunal, Pemkab Pamekasan Canangkan Vaksinasi Berhadiah

Kapolres, memastikan jika keberadaan dapur umum darurat milik Polres Lumajang, bakal memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi akibat erupsi gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 04 Desember 2021 sore.

Saat ini pihaknya telah mendistribusikan beberapa kebutuhan sembako yang nantinya akan diperuntukkan bagi masyarakat di lokasi pengungsian. “Kita pastikan, kebutuhan makanan para pengungsi tercukupi,” ujar Kapolres Lumajang. (Hold)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here