Home Daerah Bangkalan Terima DBHCHT Sebesar Rp 15,7 Miliar

Bangkalan Terima DBHCHT Sebesar Rp 15,7 Miliar

SHARE
Wakil Bupati Bangkalan Bersama Kepala Kantor Bea Cukai Madura Saat Wawancara Foto/Pojoksuramadu.com

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Sebanyak 75 persen dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp 15,7 miliar di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur dimanfaatkan untuk kesehatan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan, Mohni. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan ini menyebutkan bahwa dana Rp 15,7 miliar yang diperoleh dari DBHCHT tahun 2021 sebagian besar diperuntukkan pada bidang kesehatan.

Baca Juga:  Kunjungi Bangkalan, KSP Moeldoko Bahas Pendanaan Penyelenggara Pesantren dengan Tokoh Agama

“Sudah kita manfaatkan, 75 persen untuk kesehatan 25 persennya untuk sosialisasi dan juga ada penindakan dan lain sebagainya,” kata Mohni, Selasa (28/9/2021).

Menurutnya, 75 persen pemanfaatan DBHCHT ini dilakukan setelah melakukan koordinasi dengan pusat dan provinsi untuk pemanfaatan pada kesehatan.

“Kami sudah ada komunikasi dan diperkenankan jika untuk penanganan Covid-19,” imbuh Mohni.

Baca Juga:  Antisipasi Bencana, Polres Bangkalan Gelar Apel Tanggap Bencana

Sementara itu Kepala Kantor Bea Cukai Madura, Yanuar Kalianda menjelaskan DBHCHT ini diperuntukkan pada 3 kategori meliputi untuk kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan penegakan hukum.

“Peruntukannya, 50 persen untuk kesejahteraan masyarakat seperti buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok, 25 persen untuk kesehatan dan 25 untuk hukum meliputi penindakan dan sosialisasi,” tandasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here