Home Pendidikan Belum Terkomputerisasi Hingga Minimnya Koleksi Buku, Perpusda Bangkalan Kurang Diminati

Belum Terkomputerisasi Hingga Minimnya Koleksi Buku, Perpusda Bangkalan Kurang Diminati

0
SHARE
Pengendara melintas di perpustakaan daerah Bangkalan yang terletak di Jalan Kartini. (Foto: pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan — Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kenyamanan pengunjung, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bangkalan berencana menerapkan pelayanan berbasis komputer.

Penerapan program komputerisasi ini rencananya akan dilakukan tahun depan, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengeloloaan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan (DPK) Bangkalan, Latifah.

Perempuan berkacamata itu menerangkan, wacana penerapan komputerisasi sudah beredar di masyarakat Bangkalan sejak Januari 2019 lalu. ”Tapi itu hanya sebatas wacana saja, kalau tahun ini insyaallah benar-benar dilaksanakan,” terangnya

Baca Juga:  Hanya 23 Perpustakaan Desa yang Mendapatkan Pembinaan

Menurut Latifa, pelaksanaan komputerisasi tersebut akan dilakukan pada triwulan pertama, dimana ia berharap di bulan Maret tahun 2020 Perpusda Bangkalan sudah terfasilitasi dengan pelayanan berbasis komputer.

“Dengan begitu pengunjung mencari buku tidak manual lagi, semoga anggarannya ada, tidak seperti tahun lalu, justru yang timbul wacana duluan,” imbuhnya.

Sementara Alfin Rizki (16), seorang pengunjung perpus menuturkan, selama ini buku di Perpusda Bangkalan menurutnya tidak banyak berubah ”Selain itu pelayanannya juga masih manual, buku yang dicari ada atau tidaknya itu tidak ketahuan,” tuturnya.

Baca Juga:  71 Ribu Warga Bangkalan Buta Aksara

Siswa yang duduk di bangku kelas sebelas SMK Alkholiliyah Bangkalan itu mengaku, hingga saat ini tujuan awal datang ke Perpusda hanya untuk numpang wifi gratis, sebab buku-buku yang ada di Perpusda menurutnya sudah tidak menarik dan kebanyakan buku usang.

”Yang baru itu sedikit, makanya tak manfaatin wifinya saja,” ucapnya diiringi tawa. (Zai/id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here