Home Daerah Ikatan Pemuda Desa Kebun Kompak Lawan Penyebaran Covid-19

Ikatan Pemuda Desa Kebun Kompak Lawan Penyebaran Covid-19

SHARE
Ikatan pemuda Desa Kebun semprotkan cairan desinfektan (foto: pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Ikatan Pemuda Kebun (Ipek) Kecamatan Kamal, melakukan penyemprotan cairan disinfektan , Sabtu (18/04/20).

Penyemprotan tersebut dilakukan di sejumlah tempat ibadah seperti mushola, masjid, serta beberapa pemukiman warga desa setempat.

Ketua Umum IPEK, Ni’matul Hafidzoh melalui Kabid Eksternal, Sobirin mengatakan, hal tersebut merupakan inisiatif dari IPEK sebagai bentuk perlawanan serta memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Bangkalan.

“Ini adalah bagian dari program IPEK, yaitu partisipasi sosial terhadap masyarakat dan peduli lingkungan. Penyemprotan dilakukan mengingat wabah covid-19 masih merebak dimana-mana “, ungkapnya.

Baca Juga:  Dua Hari Menghilang, Mayat Nelayan Arosbaya ditemukan

Adapun fasilitas yang digunakan, lanjut Sobirin, berupa 1 unit sprayer disinfektan dan 1600 ml cairan desinfektan. Meskipun terbilang sederhana dan nampak terbatas, tidak menjadikan alasan agar tidak bergerak. Lebih-lebih, saat ini Kabupaten Bangkalan merupakan zona merah dalam peta sebaran covid-19.

“Sesuai dengan jargon IPEK yaitu (kalau bukan kita lalu siapa lagi), itulah yang membuat para pemuda IPEK untuk melakukan hal yang bermanfaat terhadap masyarakat ” tambahnya.

Baca Juga:  Dua Nelayan Asal Bangkalan yang Hilang Diduga Tenggelam Saat Perbaiki Baling Baling

Menurutnya, sinergitas pemuda dengan pemerintah setempat menjadi nilai positif dalam masa darurat covid-19 saat ini. Sehingga, program yang dijalankan linier dengan himbauan pemerintah.

“Apalagi ini sudah hampir Ramadan, dimana kaum muslimin akan menjalankan ibadah tarawih,” terangnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bangkalan agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan serta kebiasaan hidup sehat lainnya. “Kami berharap kesadaran dari masyarakat untuk tetap tidak panik dan tetap mengindahkan anjuran pemerintah,” pungkas Sobirin. (Ruf/Wid).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here