Home Daerah Penyu Seberat 80 Kg Tersangkut Jaring Nelayan

Penyu Seberat 80 Kg Tersangkut Jaring Nelayan

SHARE
Penyu raksasa yang tersangkut jaring nelayan sumenep. Foto / Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Sumenep – Warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim dihebohkan dengan penemuan penyu raksasa oleh nelayan setempat. Penyu seberat 80 Kg ini tersangkut jaring nelayan di laut.

Kemudiam nelayan pemilik jaring tersebut membawa penyu yang mempunyai panjang 1,2 meter ini ke daratan. Penyu raksasa menjadi tontonan warga. Sebab baru kali ini warga setempat melihat penyu sebesar itu.

Selanjutnya penemuan hewan yang dilindungi ini dilaporkan pada Pemerintah Desa Pagarbatu. Kemudian diteruskan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Sumenep.

Baca Juga:  Bupati Bangkalan Terima 2 Unit Disinfektan Chamber Bantuan dari IKAPTK

Kepala Desa Pagarbatu, Mohammad Daud, mengatakan penemuan penyu raksasa ini pertama kali terjadi di desanya. Untuk menjaga kelestarian hewan yang dilindungi tersebut, pihaknya bersama para nelayan melepas penyu itu.

“Penyu tersebut sangkut di tali jaring keramba milik Bapak Sumahwa. Kemudian oleh Pak Sumahwa penyu dibawa ke daratan untuk kemudian menjadi tontonan menarik bagi warga, karena sebelumnya warga tidak pernah menemukan penyu semacam ini,” kata Mohammad Daud, Kamis (07/10/2021), seperti dikutip dari detik.com.

Baca Juga:  Vaksinasi Digelar di Ponpes Demi Percepatan Herd Imunity

Ia menambahkan, lalu Dinas Perikanan memerintahkan agar penyu tersebut segera dilepaskan kembali ke laut agar tidak sampai mati. Penyu tersebut harus diangkat menggunakan tali oleh sekitar delapan warga ke bibir pantai, dan dilepasliarkan ke habitatnya.

Sumber : www.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here