Home Polres Bangkalan Polres Bangkalan Berencana Terapkan Tilang Eletronik ETLE

Polres Bangkalan Berencana Terapkan Tilang Eletronik ETLE

SHARE
Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto saat launching virtual sistem ETLE tahap pertama, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Diresmikannya program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap I atau tilang elektronik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo per tanggal 23 Maret 2021.

Saat ini, sudah terdapat 12 Polda menerapkan program itu. 12 Polda tersebut termasuk Polda Jatim yang telah secara resmi menerapkan ETLE. Penerapan ETLE di beberapa titik vital di Surabaya yang menjadi ibu kota Jawa Timur.

Bangkalan yang menjadi kota penyanggah Kota Surabaya juga ikut mewacanakan program tilang berbasis elektronik tersebut.

Baca Juga:  Pemotongan Kapal di Kamal Cemari Lingkungan, DLH Bangkalan: Kewenangan DLH Provinsi

Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto melalui Kasatlantas, AKP Abdul Aziz menjelaskan untuk sekarang ETLE masih belum bisa diterapkan, sebab masih belum didukung oleh kamera khusus.

“Memang di tahun kemaren sempat dicanangkan, namun untuk tahun ini kemungkinan belum bisa terealisasi karena terkait anggaran,” jelasnya, Selasa (23/3/2021).

Menurutnya di Kabupaten Bangkalan yang menjadi prioritas penerapan ETLE di wilayah Kota, salah satunya Pos Polisi Junok dan Jalan Soekarno Hatta.

Baca Juga:  Tunjukkan Beratnya Jadi Polisi, Kapolres Bangkalan Ajak Nobar Film "Hanya Manusia Biasa"

“Misalnya akan dipasang di Bangkalan pastinya titik kota dulu. Kita berdoa saja semoga segera terealisasi di Bangkalan,” imbuh Aziz.

Sedangkan keunggulan kamera khusus ETLE ini, selain bisa menangkap dengan cepat plat nomernya juga bisa menjangkau pada pengemudi pada kendaraan roda empat.

“Jadi kamera ini bisa capture sampai ke ruang kemudi, misalnya tidak menggunakan sabuk pengaman atau sambil menggunakan handphone bisa terjangkau,” tandasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here