Home Opini Pondok Pesantren Menjadi Pilihan Orang Tua Untuk Perkembangan Anak

Pondok Pesantren Menjadi Pilihan Orang Tua Untuk Perkembangan Anak

SHARE

Perkembangan Psikologi anak SD dikawasan Pondok Pesantren

Psikologi merupakan Ilmu Pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia, baik individu maupun dalam berhubungan dengan lingkungannya.

Adapun perkembangan psikologi anak semakin teratur dan terarah, maka dari itu pondok pesantren yang merupakan salah satu solusi pendidikan untuk memiliki wawasan keislaman dan kemanusiaan yang luas, berjiwa besar, dan bahkan ditantang untuk lebih berani lagi memasuki pergaulan nasional maupun internasional.

Dan yang menjadi solusi untuk orang tua adalah memasukan buah hatinya ke pondok pesantren, dimana sang anak akan mendapatkan bimbingan secara penuh dari orang-orang terdekatnya dan pastinya memberikan dampak positif untuk sang anak kelak.

Pada usia dini harus mendapatkan bimbingan super dari pihak yang sekiranya akan memberikan ilmu, tidak hanya untuk dunia namun mendapatkan bimbingan untuk akhiratnya juga. Dimana akan digunakan  bekal kelak ketika anak sudah keluar dari pondok pesantren tersebut.

Baca Juga:  Pelukan Ra Mamak: Mendamaikan dan Menyejukkan

Dan untuk para orang tua jangan ragu ataupun bingung untuk memasukkan sang buah hati ke dalam pondok pesantren karena sangat berpengaruh besar untuk pendidikan sang buah hati.  Di dalam pondok pesantren banyak yang dijadikan panutan untuk lebih memotivasi sang anak supaya lebih giat maupun lebih sukses kedepannya.

Di era globalisasi ini lah dimana seorang anak harus mempunyai keteguhan keimanan serta moral yang diharapkan lebih tinggi dari segala, karena di era sekarang banyak anak-anak yang kurang bimbingan dari pihak-pihak yang seharusnya mendukungnya.

Karena pendidikan yang baik akan melahirkan generasi-generasi yang tangguh, perkembangan anak-anak selalu mencuri perhatian semua orang baik dari perkembangan fisik maupun psikologinya. Anak akan tumbuh kembang dengan baik apabila kebutuhan sang anak tersebut tercukupi dengan baik oleh orangtuanya maupun orang-orang disekitarnya.

Baca Juga:  Prank, Jokowi End Game dan Pembangkangan Sipil

Perkembangan psikologi seorang anak yang harus menjadi perhatian penting dari orangtuanya, salah satunya pemilihan tempat pendidikan supaya menjadi baik dan terarah. Maka pondok pesantrenlah yang menjadi salah satu jawaban untuk mengembangkan jiwa sosial seorang anak tersebut, dan bisa dijadikan sebagai ajang untuk menghasilkan kreatifitas dan karya-karya yang insya Allah baik untuk ke masa depannya.

Penulis: Syifa Nursafitri

Semester: 2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Pekalongan, Jawa Tengah. 

Tulisan ini untuk memenuhi tugas kuliah. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here