Home Daerah Tanam 1000 Pisang Cavendish, Pemkab Pamekasan Perluas Cakupan Desa Tematik

Tanam 1000 Pisang Cavendish, Pemkab Pamekasan Perluas Cakupan Desa Tematik

SHARE
Bupati Pamekasan saat menanam pisang cavendish.

POJOKSURAMADU.COM, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan kelompok tani (poktan) Rahayu di Desa Samatan Kecamatan Proppo, melaunching penanaman 1000 pisang jenis cavendish, Selasa (11/1/2022).

Hadir Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam didampingi, Kepala DKPP Ajib Abdullah, Kepala Desa Samatan Tamyiz, perwakilan poktan Rahayu, serta disaksikan pula masyarakat sekitar.

Pada kesempatan itu, bupati mencangkul, menanam pisang, dan melanjutkan dengan memberi pupuk terhadap pisang yang baru ditanam tersebut. Kemudian Bupati makan nasi bungkus bersama warga di lahan tersebut dengan duduk lesehan sembari melepas tawa tanpa jarak dengan mereka.

Menurutnya, penanaman pisang itu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat serta menunjung program desa tematik. Apalagi Desa Samatan telah mendeklarasikan diri sebagai desa peternakan dan pertanian.

Baca Juga:  Soal Mafia Pupuk Bersubsidi, DPRD Bangkalan Sebut Tak Ada Bukti

“Ayo kita semua dukung bagaimana kita punya usaha mandiri di rumah, pemerintah akan menfasilitasi, kita carikan modalnya, dan carikan pasarnya,” paparnya.

Ia menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah memberikan pelatihan gratis kepada masyarakat sesuai pelatihan yang diinginkan. Kemudian memberikan bantuan alat, bantuan modal dengan bunga satu persen setahun, hingga fasilitasi pemasaran melalui program wirausaha baru (WUB).

“Tahun ini rencana lebih dari 3 ribu orang kita latih, mudah-mudahan nanti juga ada pelatihan pengemasan pisang. Pisang ditanam di sini, dan diproduksi disini agar uang berputar di Pamekasan,” terangnya.

Baddrut Tamam berharap desa tematik terus menggema di beberapa desa di Kabupaten Pamekasan, dengan menyesuaikan pada potensi di masing-masing desa. Ia menilai, desa tematik sebagai salah satu ikhtiar untuk mendorong ekonomi warga di tiap desa.

Baca Juga:  Kembali ke Pesantren, 300 Santri Sidogiri Dilepas Bupati Sampang

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Ajib Abdullah, menyampaikan terima kasih kepada Roumah Wakaf Hidayatullah yang telah berperan aktif mendukung terlaksananya penanaman 1.000 pohon pisang cavendish di Desa Samatan. Menurut dia, pisang cavendish merupakan tanaman pisang yang relatif baru dan sangat menjanjikan.

“Dengan bibit yang bagus, budidaya yang bagus, dan perawatan yang bagus pula akan memberikan dampak baik terhadap hasil yang akan dipanen,” kata Ajib. (Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here