Home Pendidikan Terapkan Protokol Ketat, Universitas Trunojoyo Madura Siap Laksanakan UTBK SBMPTN

Terapkan Protokol Ketat, Universitas Trunojoyo Madura Siap Laksanakan UTBK SBMPTN

SHARE
Rektor UTM, Muh. Syarif saat mengecek persiapan pelaksanaan UTBK SBMPTN yang rencananya akan dilakukan pada awal Bulan Juli mendatang, (Foto:Pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM – Ditengah pandemi covid-19, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) siap melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Muh. Syarif menjelaskan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN berdasarkan siaran pers tim Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan nomor 09/sialpers/ltmpt/VI/2020 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan covid-19.


“Alhamdulillah UTM siap melaksanakan UTBK itu tentunya dengan protokol yang sangat ketat seperti yang kita lihat tadi, UTM sudah siap melaksanakan UTBK secara ketat,” terang dia, usai meninjau ruang pelaksanaan UTBK, Jumat (26/6/2020).

Menurutnya, UTM telah menyiapkan work station atau ruangan steril untuk tempat duduk peserta dengan jarak yang sudah diatur sekitar 1,5 meter. Peserta juga wajib mengenakan masker, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan pakai hand sanitizer.

Baca Juga:  SMP Negeri 2 Bangkalan Bentuk Tim Sigap Covid-19 Sekolah dan Sediakan 1000 Masker untuk Siswa

“Juga disiapkan tim kesehatan, karena kita sudah mendapatkan ijin dari Tim Gugus TugasĀ  yang ada di daerah yang diketuai Bapak Bupati Bangkalan,” papar dia.

Pelaksanaan UTBK tahun ini akan diikuti oleh sebanyak 3489 peserta dan akan dilaksanakan dua tahap. Tahap I digelar pada tanggal 5 – 14 Juli, sementara tahap II tanggal 20-29 Juli. UTM sendiri telah menyiapkan sebanyak 175 unit komputer yang terbagi di 13 ruangan.

Universitas Trunojoyo Madura siap melaksanakan UTBK SBMPTN 2020. Semua perangkat sudah disiapkan termasuk teknisi dan pengawas, (Foto:Pojoksuramadu.com)

“Nanti itu akan dibagi 21 sesi kalau tidak salah dan setiap hari itu ada dua sesi dan setiap sesinya itu akan diikuti oleh seratus lima orang dengan protokol yang sangat ketat,” katanya.

Tidak hanya itu, UTM juga menyiapkan sedikitnya 14 teknisi mumpuni dan sebanyak 64 pengawas peserta, 2 server admin. Selain itu, tim juga menyiapkan jenset apabila sewaktu waktu ada gangguan pada aliran listrik.

Baca Juga:  Serahkan Bantuan pada 155 Pondok Pesantren, Bupati Bangkalan : Semoga Virus Segera Usai

“Intinya kita siap melaksanakan UTBK, semua kemungkinan gangguan sudah kita antisipasi untuk mensukseskan pelaksanaan UTBK ini,” ungkap dia.

Berikut tahapan pelaksanaan UTBK UTM;

Pelaksanaan UTBK dua sesi perhari dengan rincian sesi 1 dilaksanakan pukul 09:00 – 11:15 dan untuk sesi 2 pukul 14:00 – 16:15. Jeda waktu 2 jam 45 menit digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian.

Tes UTBK akan dilaksanakan dua tahap, yakni tahap pertama tanggal 5 – 15 Juli 2020. Sedangkan tahap kedua digelar pada tanggal 20 – 29 Juli 2020. Kemudian akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020. (*)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here