Home Daerah Lantik PAW Kepala Desa Patengteng, Ini Pesan Bupati Bangkalan

Lantik PAW Kepala Desa Patengteng, Ini Pesan Bupati Bangkalan

SHARE
Bupati Bangkalan, R Abd Latief Amin Imron saat melantik PAW Kepala Desa Petengteng di pendopo agung setempat (Foto:Pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Prosesi pelantikan Kepala Desa (Kades) Patengteng Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur sukses digelar, Kamis (27/02/20) di pendopo agung daerah setempat.

Sebelumnya, jabatan Kades Patengteng dipimpin oleh Mohammad Bari, Karena meninggal dunia posisi tersebut digantikan oleh sekretaris Desanya (Sekdes) atas nama Mohammad Ruji sebagai Penjabat (PJ) sementara untuk mengisi kekosongan.

Laila Quraini selaku anak almarhum Kades Patengteng akhirnya didaulat menjadi Kades Penganti Antar Waktu (PAW) menggantikan posisi Mohammad Ruji selaku Pj sementara kepala Desa Patengteng setelah Mohammad Bari. Dengan masa jabatan selama 1 tahun, yakni mulai hari ini hingga tanggal 08 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga:  Penjual BBM Ilegal Bisa Dijerat Hukum?

Dalam prosesi pengambilan sumpah jabatan, Bupati Bangkalan RKH Abdul Latif Amin Imron mengatakan, pemerintahan Desa saat ini telah diberikan keleluasaan yang cukup besar dalam dalam pengelolaan anggaran desa melalui APBDes.

“Harus dimaksimalkan, demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di desanya, tentu saja sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku,” katanya.

Menurut Ra Latif, pemerintah desa juga diberikan keleluasaan dan peluang yang besar dalam mengusulkan progam desa melalui musrembang sehinga dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

“Terutama data masyarakat miskin di Bangkalan, harus diperbaiki, dan lebih teliti dalam mendata, sehingga yang sudah meninggal tidak tercatat, harus valid,” pesan dia pada Kades yang baru dilantik itu.

Baca Juga:  Di Tengah Keterbatasan, Beginilah Semangat Anggota Satgas TMMD ke 103 Konang

Pria berkacamata itu juga meminta pemerintah desa agar tidak menghalagi pembangunan desa yang dilaksakan oleh pemerintah daerah, baik Provinsi dan pemerintah pusat.

“Saya berharap, tokoh masyarakat, muspika bisa membimbing Kades yang baru ini dalam melaksanakan tugasnya, karena dia masih muda agar bisa melaksanakan program desa secara maksimal,” imbuhnya.

Mantan wakil DPRD Bangkalan itu menambahkan, sinergitas antar tokoh masyarakat harus dibangun, sehingga bisa meningkatkan kepedulian dalam pembagunan.

“Pemimpin harus memberikan contoh yang baik, dan menjadi contoh bagi masyarakat,” Pungkas Ra Latif. (Zai)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here