Home Uncategorized Sosialisasi UU Bea Cukai untuk IKM Bakal Digelar Akhir September

Sosialisasi UU Bea Cukai untuk IKM Bakal Digelar Akhir September

SHARE
Disperindag Pamekasan bersama Bea Cukai saat rapat kordinasi membahas realiasasi DBHCHT.

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat menegaskan sosialisasi, pelatihan dan pembinaan kepada ratusan pelaku usaha Industri Kecil Menegah (IKM) bakal digelar akhir September mendatang.

Kadisperindag Pamekasan, melalui Kabid Bina Perindustrian Dinas Perindistrian dan Perdangan Kabupaten Pamekasan, Makhfudz Efendie menegaskan kegiatan tersebut berupa sosialisasi perundang-undangan masalah Bea Cukai kepada para Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di bidang industri rokok maupun makanan dan minuman.

“Sosialisasinya selama dua hari dan akan menyasar para IKM, IKM baik itu rokok maupun makan minuman. Materinya Perundangan tentang Bea Cukai atau ekspor barang impor juga bisa,” ujarnya.

Baca Juga:  Pendaftaran MONACO ke 6 IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Resmi Dibuka

Menurut Mahfudz, kegiatan tersebut didanai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) yang diterima oleh Disperindag. Pembinaan dan sosialisasi itu rencananya akan dilakukan dua hari, dengan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama 50 peserta dan tahap kedua 50 peserta, dengan total sekitar 100 peserta.

“Jika tidak ada perubahan akhir bulan ini sudah bisa kita gelar,” kata Makhfudz’’ tegasnya.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Ellak Daya Bagikan Masker

Untuk pemateri kegiatan tersebut, berasal dari pihak Bea Cukai sendiri, juga dari Bagian Perekonomian Setdakab Pamekasan. Untuk itu pihaknya berharap agar para pelaku IKM bisa mengikuti sosialisasi tersebut dengan penuh khidmat. Pasalnya, tahun ini tidak semua IKM yang mendapatkan kesempatan lantaran keterbatasan anggaran.

“Kegiatan pembinaan terhadap IKM pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, pembinaan akan diutamakan pada sejumlah IKM yang masih belum tersentuh sosialisasi sama sekali,” tegasnya. (Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here